Zola Apresiasi Kinerja OASE Dalam Pelaksanaan Pencegahan Dan Deteksi Dini Kanker Pada Perempuan

Jambiline.com, Jambi- Gubenur Jambi Zumi Zola Zulkifli beserta ketua Tim Penggrak PKK Sherrin Tharia Zola, membuka kegiatan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja yang bersinergi dengan BPJS Kesehatan dalam menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan IVA/ Sadanis,  Selasa (25/04) di ruang pola Rumah Dinas Gubenur Jambi.

Turut  hadir dalam acara ini Kepala Kejaksaan Tinggi Andi Nurwinah, Ketua OASE Ros Eliana Prastyo, Kepala BPJS Kesehatan Dyah serta unsur Forkopimda Provinsi Jambi

OASE Kabinet Kerja merupakan sebuah perkumpulan para pendamping menteri dan unsur eksekutif lain yang dipimpin oleh Ibu Negara Iriana Jokowi, yang memiliki serangkaian program untuk mendukung tercapainya Nawacita Presiden Jokowi. Salah satu program yang digalang adalah meningkatkan pelaksanaan pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan di Indonesia mulai tahun 2015 sampai dengan 2019.

Dalam sambutannya Sherrin mengajak para perempuan Jambi agar dapat meningkatkan kesadaran tentang pengetahuan bahaya kanker.  “Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh perempuan,  terutama kanker serviks,  oleh karena itu saya ingin mengajak kepada seluruh masyarakat khusus nya ibu ibu agar dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang bahaya nya penyakit kanker”, ucap Sherrin.

Sherrin juga mengatakan untuk mengurangi penderita kanker maka bisa melakukan deteksi Dini.

“Tujuan dari deteksi dini kanker ini juga dapat mengurangi morbiditas penyakit dengan pengobatan dan pencegahan secara dini,  apa lagi kita sekarang sudah ada BPJS yang menjadi penyelenggara jaminan kesehatan yang tidak hanya bergerak  untuk penyembuhan,  tapi juga untuk upaya pro-aktif preventif,” jelasnya.

“Melalui evaluasi ini saya berharap kita dapat melakukan pengkajian lebih dalam lagi terhadap upaya perbaikan dan peningkatan derajat kesehatan serta deteksi dini terhadap kanker,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Gubenur Jambi Zumi Zola Zulkifli, “Saat ini banyak para wanita yang menderita kanker,  hal ini dkarena tingkat kesadaran untuk mengecek kesehatan cukup rendah,  karena apabila terdeteksi dini pasti persoalan ini dapat diminimalisir,  karena upaya pencegahan dengan cara deteksi dini sangat membantu untuk mengatasi kanker,  apalagi deteksi dini kanker dapat dilakukan pada tingkat puskesmas”, kata Zola.

“Saya berikan apresiasi kepada semua pihak yang selama ini berkerja sama antra pemerintah pusat,  pemerintah Provinsi Kabupaten/Kota dalam pembangunan bidang kesehatan,  mudah- mudahan apa yang sudah dicapai sekarang dapat ditingkatkan kembali,  terutama dalam gerakan pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan Jambi dalam rangka mensukseskan visi Jambi TUNTAS 2021,” pungkas Zola. (PNJ)

Komentar Akun Facebook

Berita Terkait