12 Kecamatan di Kerinci Rawan Bencana
ads

Jambiline.com, Kerinci – Menyikapi adanya prediksi cuaca ekstrim di musim pancaroba yang terjadi di wilayah Provinsi Jambi termasuk di Kabupaten Kerinci hingga dikhawatirkan terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor dan angin puting beliung.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kerinci telah melakukan pemetaan daerah rawan bencana, pemetaan dilakukan untuk mempermudah petugas dalam melakukan penanggulangan bencana yang terjadi di daerah masing-masing.
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kerinci Darifus mengungkapkan, dari hasil pemetaan yang dilakukan, terdapat 12 kecamatan di Kabupaten Kerinci yang berpotensi terjadinya bencana alam.

“Untuk wilayah yang berpotensi terjadinya bencana banjir yakni berada di Kecamatan Depati Tujuh, Air Hangat, Air Hangat Timur, Air Hangat Barat, Siulak, Sitinjau Laut,Keliling Danau, Bukit Kerman, Gunung Raya dan Kecamatan Kayu Aro Barat. Kalau daerah yang berpotensi terjadi bencana longsor yakni di Kecamatan Siulak Mukai, Gunung Kerinci, dan Kecamatan Air Hangat Timur,” jelas Darifus selaku kepala BPBD Kabupaten Kerinci, Jumat (05/03/2021).

Darifus menyebutkan, karena Kabupaten Kerinci merupakan daerah yang paling berpotensi terjadinya bencana, untuk itu pada musim pancaroba saat ini, dirinya menghimbau kepada masyarakat yang berada di pinggir bantaran sungai serta di wilayah perbukitan, untuk selalu waspada serta siap siaga dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana banjir dan longsor.

“Untuk mempercepat penanggulangan bencana ini, BPBD Kabupaten Kerinci telah membentuk Tim Satgas dan Posko Penanggulangan Bencana Banjir dan Longsor,” tutupnya. (*)

Komentar Akun Facebook