ads

Jambiline.com, Jambi – Sebanyak 24 tahanan Polres Batanghari kabur dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di Desa Sungai Buluh, Kecamatan Muarabulian, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jambi M Jahari Sitepu juga membenarkan adanya kejadian tahanan kabur tersebut. Namun Jahari mengatakan tahanan yang kabur itu tidak ada hubungannya dengan LPKA Muarabulian.

“Mereka tahanan Polres Batanghari yang ditempatkan di LPKA Muarabulian,” kata Jahari, Senin (15/11).

Jahari menjelaskan, pada bulan Maret 2021 lalu, pihak Polres Batanghari meminjam satu blok di LPKA Muarabulian untuk menempatkan tahanan. Hal ini dikarenakan di Polres Batanghari saat ini ada pembangunan, sehingga tahanan perlu dipindahkan untuk sementara waktu.

Blok tersebut, berbeda dengan blok tahanan LPKA Muarabulian. Blok yang dipinjam pakai itu bekas blok tahanan perempuan yang saat ini telah memiliki Lapas Perempuan khusus.

“Terkait informasi yang beredar, perlu saya luruskan jika yang kabur bukan tahanan titipan. Melainkan tahanan Polres yang ditempatkan di LPKA. Mereka (polisi, red) yang memberi makan dan menjaga langsung,” terang Jahari.

Lebih lanjut Jahari mengatakan, berdasarkan informasi yang ia peroleh dari Kepala LPKA Muarabulian, ada 24 tahanan yang kabur. “Satu sudah menyerahkan diri,” tutupnya. (Tri)

Komentar Akun Facebook