Keramik Tempo Dulu yang Dipamerkan di Museum Siginjei
ads

Jambiline.com, Jambi – Meski di tengah pandemi Covid-19, semangat untuk tetap mengedukasi masyarakat tentang sejarah dan kebudayaan Provinsi Jambi terus dilakukan oleh pihak Museum Siginjei, Kota Jambi.

Salah satunya yakni lewat pameran “Keramik Tempo Dulu”. Pameran keramik ini bertujuan untuk mengenalkan bahwa zaman dahulu kala Jambi pernah menjalin hubungan dengan daerah luar.

“Kami tetap mengusahakan kegiatan ini berlangsung, tetapi tetap menjalankan protokol kesehatan, kami juga menyampaikan informasi melalu media agar masyarakat luar bisa tahu terutama anak muda,” kata M. Erman, selaku panitia pelaksana pameran.

Pameran keramik tempo dulu tersebut telah digelar sejak tanggal 22 hingga 28 September 2020. Erman menjelaskan, pihaknya menyimpan ratusan keramik klasik namun pada pamaeran kali ini hanya 80 keramik saja yang dipamerkan.

“Pada pameran ini dibagi menjadi tiga jenis keramik, yaitu keramik lokal, keramik Eropa, dan Keramik Asia. Untuk menjaganya kami melakaukan konservasi koleksi yaitu dimana ada pencegahan dan pengobatan, jadi apa pun yang ada di museum, semaksimal mungkin pasti kami pertahankan, mengingat museum sebagai sarana mempromosikan benda-benda cagar budaya,” tutur Erman

Turut disampaikannya, pagelaran pameran benda bersejarah merupakan agenda rutin Museum Siginjei dengan tema yang berbeda di setiap tahunnya. (Rahma)

Komentar Akun Facebook