ilustrasi (dok.net)
ads

Jambiline.com, Menjelang Hari Raya Idulfitri, banyak sekali tradisi yang membuat masyarakat Indonesia bersemangat untuk merayakan moment berharga, salah satunya adalah tradisi yang kita kenal dengan sebutan mudik.

Pastinya kata mudik sudah tidak asing lagi bukan?

Tentu saja, karena mudik sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat bahkan menjadi keharusan bagi sebagian masyarakat lho!

Akan tetapi, karena sudah dikenal luas, ternyata masih banyak lho dari kita semua yang tidak mengetahui makna dari istilah mudik tersebut. Untuk teman-teman semua kira-kira udah pada tahu belum dengan istilah mudik ini?

Istilah mudik hingga saat ini kita kenal dengan masyarakat yang merantau lalu ingin pulang sejenak ke kampong halamannya dan merayakan hari raya dengan orang-orang tercinta guys!

Nah, sebelumnya istilah mudik sendiri memiliki beberapa makna lho, katanya mudik sudah ada sejak jaman Majapahit, di mana pada awalnya tradisi ini dimulai oleh para petani ¬†yang pulang ke kampung halaman danpada saat itu muncul lah kata “mulih dilik” atau yang disingkat dengan mudik yang berarti pulang sebentar. Tidak hanya itu, mudik juga berasal dari kata Sunda Pesisir dan Betawi, yaitu “udik” yang merujuk pada desa atau kampung.

Teman-teman semua sekarang udah tahu kan makna dari istilah mudik?

Sebagai masyarakat yang mempunyai tradisi mudik, jangan sampai tidak tahu ya guys, karena mudik juga termasuk budaya di Indonesia lho, di mana pada saat itu terlihat akan banyaknya perbedaan akan tetapi tetap menunjukkan perdamaian dan rasa menghargai satu sama lain.

Komentar Akun Facebook