ads

Jambiline.com, Jambi – Akibat ulahnya menjadi kurir Narkotika jenis sabu, tiga warga Sumatera Barat (Sumbar), yakni RA (27), RS (42) dan Y (41) harus berurusan dengan petugas BNNP Jambi.

 

Ketiganya dibekuk tim BNNP Jambi di kawasan Simpang KM 35 dekat perbatasan antara Kabupaten Muaro Jambi dan  Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim).

 

Tidak tangung-tangung dari tangan ketiga tersangka, petugas berhasil menyita 5 paket atau seberat 5 kg narkoba jenis sabu dalam bungkus Guanyawang.

 

Penangkapan tersebut diakui oleh Kepala BNNP Jambi Brigjen Pol Heru Pranoto, dirinya menegaskan ketiga tersangka tersebut merupakan kurir Sabu.

 

“Ketiganya merupakan kurir narkoba yang berasal dari Sumatera Barat yang diamankan pada Kamis malam kemarin di Simpang KM 35, Kabupaten Muarojambi,” katanya didampingi Kabid Pemberantasan BNNP Jambi AKBP Agus Setiawan, Jumat (13/12/19).

 

Terungkapnya kasus ini, setelah petugas mendapatkan informasi dari masyarakat akan adanya pengiriman paket narkoba dari Kepulauan Riau melalui perairan Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) menuju Kota Jambi.

 

Tidak ingin buruannya kabur, petugas bergerak cepat ke Kuala Tungkal. Setelah diselidiki, petugas mendapatkan orang yang mencurigakan.

 

Rombongan pelaku terus dibuntuti petugas. Dan ketika memasuki kawasan Simpang KM 35 dekat perbatasan antara Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, petugas langsung meringkusnya.

 

Pelaku yang berjumlah 6 orang di dalam mobil Avanza putih tersebut tidak dapat mengelak lagi. Saat digeledah, petugas mendapatkan 5 paket yang diduga narkoba jenis sabu di dalam mobil pelaku.

 

“Setelah ditimbang, 5 paket tersebut seberat sekitar 5 kg. Dari pengakuan pelaku, barang haram tersebut dibawa dari Kepri untuk dikonsumsi di Sumbar,” tegas Heru.

 

Namun dari pemeriksaan petugas, dari keenam orang yang diamankan hanya tiga orang yang jadi tersangka,yakni RA, RS dan Y.

 

Diakuinya, untuk menyelundupkan barang terlarang tersebut ketiga pelaku menggunakan modus baru. “Pelaku ini berpura-pura mengajak warga untuk jadi penumpang di mobil yang dibawanya agar terlihat seperti sebuah keluarga,” tukas Heru.

 

Dia menambahkan, saat ini ketiga orang lainnya tidak memenuhi unsur dan dikembalikan ke keluarganya.

 

Dalam aksi pelaku, lanjut Heru, untuk meloloskan narkoba jenis sabu tersebut, ketiga kurir mendapatkan upah sebesar Rp25 juta dalam sekali perjalan.

 

Akibat perbuatannya, ketiga pelaku masih ditahan di BNNP Jambi untuk proses pemeriksaan lebih lanjut. (Tri)

Komentar Akun Facebook