ads

JAMBI – Setelah sekian puluhan tahun film G30S/PKI tidak pernah diputar lagi, Kodim 0415/Batanghari, Rabu (20/9) malam menggelar nobar film sejarah kelam Indonesia tersebut bersama masyarakat sesuai intruksi dari Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo.

Nobar tersebut berlangsung di ruang aula Kodim 0415/Batanghari, antusias masyarakat Jambi untuk melihat film sejarah tersebut sangat besar. Bukan hanya masyarakat biasa, anggota keluarga Dandim juga ikut serta menyaksikan film sejarah tersebut.

Dandim 0415/Batanghari Letkol Inf Denny Noviandi melalui Kasdim Mayor Beni, mengatakan dirinya tidak menduga masyarakat Jambi banyak datang dan antusias untuk melihat pemutaran film G30S/PKI.

Dirinya menjelaskan, pemutaran film sejarah tersebut bertujuan untuk menyebarluaskan fakta-fakta nilai sejarah, sebagai daya tarik generasi muda untuk belajar dan memahami sejarah.

“Saya berharap kejadian seperti gerakan PKI ini tidak terjadi lagi. Dan generasi muda semakin mencintai NKRI,” kata Beni, saat melihat film sejarah tersebut, Rabu (20/9) malam.

Sementara itu, Wati seorang warga Jambi yang menyaksikan pemutaran film tersebut mengaku dirinya baru pertama kali melihat film bersejarah itu.

“Saya datang dengan anak-anak sengaja datang untuk menonton, agar anak-anak saya mengenal sejarah lagi,” katanya.

Senada dengan Eko, dirinya juga mengaku belum pernah melihat film G30S/PKI. “Saya baru kali inilah nonton film G30S/PKI. Memang biadab PKI itu, memang tidak layak faham komunis hidup di Indonesia,” tegasnya.

(Tresno)

Komentar Akun Facebook