ads

Jambiline.com, Jambi – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi telah mengantisipasi kebutuhan uang masyarakat Jambi untuk periode Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H/2018 M.

“Ini sudah menjadi siklus tahunan, selama periode Ramadhan menjelang Idul Fitri umumnya terjadi peningkatan kebutuhan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi Bayu Martanto, Senin (21/5).

Untuk itu, Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi mempersiapkan kecukupan uang tunai, dengan cara mengoptimalkan distribusi dan persediaan uang tunai di kota Jambi maupun luar kota Jambi.

BI Provinsi Jambi telah memproyeksikan kebutuhan uang (outflow) periode Ramadhan dan Idul Fitri 1439H /2018M (12 April s.d 8 Juni 2018) sebesar Rp2,27 triliun atau meningkat 12,14% dari realisasi outflow  periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun sebelumnya yang sebesar Rp2,03 triliun.

Mengantisipasi kebutuhan tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi mempersiapkan uang tunai dengan jumlah yang mencukupi, baik dari sisi nominal maupun denominasi.

Diinformasikan pula bahwa sampai dengan tanggal 18 Mei 2018 realisasi outflow atau penarikan uang oleh perbankan di kota Jambi termasuk dropping kas titipan Bank Indonesia (Muaro Bungo, Kuala Tungkal, dan Sarolangun) adalah sebesar Rp927,703 miliar atau 41,15% dari proyeksi kebutuhan uang.

Komentar Akun Facebook