ads

Jambiline.com, Hanya dalam satu genggaman kita bisa melakukan banyak hal, bertukar informasi, mendapatkan pengetahuan, bahkan bisa melihat aktivitas seseorang walaupun dari jarak yang sangat jauh. Hm, teman-teman semua pasti tahu kan apa yang membuat semua itu terasa lebih mudah untuk dilakukan? Ya, media sosial. Kita akui bahwa media sosial sudah mempunyai peran yang sangat penting dalam kebutuhan sehari-hari, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

 

Akan tetapi disamping kemudahan yang bisa kita rasakan, ternyata media sosial juga memiliki sisi negatif bagi orang-orang yang tidak menggunakannya dengan baik lho! Terlebih untuk anak muda, pasti banyak sekali media sosial yang digunakan, sehingga banyak juga waktu yang terbuang sia-sia karena menggunakan media sosial tersebut, dan itu adalah salah satu sisi negatif yang harus kita hindari.

Memang benar, sebagai manusia yang selalu ingin tahu tentu saja kita membutuhkan media sosial, akan tetapi kita harus tahu batasan, karena banyaknya pengguna sosial media yang berinteraksi dengan kita tidak semuanya dapat dipercaya, maka dari itu kita harus filter akun-akun yang tidak perlu atau yang tidak dikenal, selain itu kita juga tidak perlu terlalu menyebarkan semua aktivitas sehari-hari terlebih informasi pribadi kita karena dengan melakukan itu, tanpa disadari kita sudah tidak berhati-hati.

Sebagai pengguna yang bijak, kita harus melihat semua permasalan yang terjadi, seperti penyalahgunaan media sosial, penyebaran hoax, hingga hal yang fatal dan bisa merugikan orang lain, maka dari itu sebagai anak muda kita harus bijak dan tidak mudah dipengaruhi saat menggunakan media sosial.

Alangkah baiknya, kita bisa memanfaatkan sosial media sebagai wadah pembelajaran, berbagi pengetahuan, menjadikan kita lebih keratif dan tentunya bermanfaat untuk banyak orang, salah satunya untuk tetap mempertahankan itu kita harus menjaga etika, karena dengan menjaga etika tentunya akan banyak disukai orang sekitar, dan yang terpenting kita bisa membangun relasi dengan banyak orang, menjaga etika bukan di keseharian saja akan tetapi di dunia maya kita harus tetap menjaga etika kita ya, itulah mengapa sebabnya kita harus bijak dalam bermedia sosial.

 

Komentar Akun Facebook