Komisioner KPU Provinsi Jambi, M.Sanusi.
ads

Jambiline.com, Jambi – Proses sidang untuk Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) bagi Pemilihan Legislatif (Pileg) baru bakal dimulai pada awal Juli mendatang. Saat ini proses sengketa PHPU tersebut masih berputar pada Pilpres.

Di Provinsi Jambi, gugatan yang masuk di Mahkamah Konstitusi (MK) ada 7 gugatan. Gugatan tersebut ada di Kota Jambi, Sarolangun, Tanjab Timur, Tanjab Barat, Kerinci, dan Provinsi Jambi sendiri untuk locus Kota Jambi.

Komisioner KPU Provinsi Jambi, M.Sanusi, mengatakan, proses penetapan calon terpilih tersebut akan dilaksanakan pada awal Juli mendatang, menurutnya, hanya bagi daerah yang tidak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi yang dilakukan penetapan.
“Penetapannya akan berada pada rentang waktu 1 – 5 Juli kedepan,” kata Sanusi.

Sanusi melanjutkan, sedangkan untuk yang ada gugatan sendiri, pihaknya akan menunggu proses sengketa ini selesai. Selesai proses sengketa di MK sendiri pada awal Agustus mendatang.

“Jadi kita selesaikan dulu proses sengketa nya, baru bicara untuk penetapan. Takutnya ada yang berubah nanti,” jelas Sanusi.

KPU juga akan melaksanakan simulasi penetapan calon terpilih ini pada 25 Juni mendatang. Semua daerah akan hadir untuk proses simulasi penetapan calon tersebut.
Untuk ulasan, daerah didalam Provinsi Jambi yang tidak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi adalah Sungai Penuh, Merangin, Bungo, Tebo, Batanghari, dan Muaro Jambi. Mereka lah yang akan melaksanakan penetapan calon terpilih di awal Juli mendatang. (Fay)

Komentar Akun Facebook