Dinas TPHP Provinsi Jambi Siapkan Obat dan Vitamin Antisipasi PMK Pada Hewan Qurban

0
11
Akhmad Maushul, Kepala Dinas TPHP Provinsi Jambi

Jambiline.com – Maraknya penyakit PMK pada hewan ternak membuat pemerintah harus bergerak cepat mengantisipasi agar hewan kurban tidak terinfeksi menjelang hari raya Idul Adha.

Data terbaru di Provinsi Jambi menunjukkan bahwa terdapat 617 kasus hewan ternak yang sakit di 8 Kabupaten Kota di Provinsi Jambi.

“Per Tgl 19 Juni kemarin menurut laporan sudah 617 ternak yang sakit dari 145 kasus yang terjadi di 8 Kabupaten Kota. 8 Kabupaten Kota ini Batanghari, Kerinci, Kota Jambi, Muarojambi, Sarolangun, Sungai Penuh, Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur,” Ujar Akhmad Maushul, Kepala Dinas TPHP Provinsi Jambi, Senin, (20/6/2022).

“Dari 617 yang sakit itu Alhamdulilah sudah 250 ekor sembuh atau 29 persen. Kemudian mati 1 ekor, potong paksa 12 ekor. Sehingga sisa yang sakit tinggal 354 ekor,” tambahnya.

Mengenai obat dan vitamin bagi hewan ternak yang sakit, dirinya mengatakan bahwa persediaan obat-obatan telah menipis. Ia mengaku pihaknya telah mengajukan belanja tidak terduga untuk memenuhi obat dan vitamin bagi hewan ternak.

“Untuk persediaan obat sudah menipis baik Provinsi dan Kabupaten Kota. Kemarin ada sedikit bantuan dari pusat, tapi kita tidak tergantung pada pusat makanya kami mengajukan belanja tidak terduga sebesar 550 juta,” pungkasnya.

Untuk hewan ternak yang sakit, ia mengatakan bahwasanya hewan tersebut masih memiliki peluang untuk dapat disembuhkan.

“Anjurannya Untuk yang sudah sembuh 6 bulan kemudian divaksin kemudian dua kali 6 bulan kemudian divaksin lagi,” tuturnya.

Dirinya juga menghimbau agar masyarakat tidak perlu takut, karena penyakit PMK pada hewan ternak bukan termasuk jenis penyakit yang menular pada manusia.

“Kalo untuk konsumsi dia tidak zoonosis jadi tidak menular. Rebus 70 derajat saja sudah aman untuk dikonsumsi,” tutupnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here