ads

Jambiline.com, Sungai Penuh – Gempa berkekuatan 6,0 SR terjadi di Mukomuko, Bengkulu, getarannya dirasakan oleh masyarakat Sungai Penuh dan Kerinci. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Dari website resmi BMKG melaporkan, gempa yang berkekuatan 6,0 SR tersebut berkedalaman 10 km, terjadi pada Selasa (3/8/2021) pukul 05.48 WIB. “Tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG.

Gempa berada di titik 3.17 Lintang Selatan dan 100.18 Bujur Timur. Pusat gempa berada di laut 123 km Barat Daya Mukomuko, Bengkulu.

Gempa dirasakan Modified Mercalli Intensity (MMI) III-IV Mukomuko, II-III Bengkulu Utara, II Kepahiang, II Kota Bengkulu, II Curup, III-IV Kerinci.

Untuk diketahui MMI II berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan MMI III getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. MMI IV Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Pada pukul 06.01 WIB, BMKG kembali melaporkan adanya gempa dengan kekuatan magnitudo 5.4.

Gempa terjadi di kedalaman 10 km dengan koordinat 3.29 Lintang Selatan dan 100.25 Bujur Timur. Gempa ini berada di 124 km BaratDaya Mukomuko, Bengkulu.

Hingga berita ini di publis, belum diketahui ada tidaknya kerusakan atau korban terkait gempa ini. (wnd)

Komentar Akun Facebook