Suasana Rapat Pihak Ati Dengan Pihak Dukcapil Di Ruang Rapat Kantor Dukcapil
ads

Jambiline.com, Jambi – Merasa Nomor Induk Kependudukan (NIK) Identitas Diri (ID) nya digandakan, Pengusaha keturunan Tionghoa Ati membawa sejumlah massa untuk berunjuk rasa di Kantor Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi, Senin (18/9).

Unjuk rasa tersebut merupakan bentuk tuntutan Ati yang meminta keterangan dari pihak Dukcapil kota Jambi atas nomor NIK ID nya yang terjadi perubahan.

“NIK ID 0102 saya ini kok bisa terjadi perubahan menjadi 0062, itu terjadi pada akta catatan pernikahan. Sedangkan itu sudah jelas-jelas di formulir permohonan pemberkatan 0102,” Jelas Ati.

Selang beberapa menit setelah lebih kurang 45 menit berorasi, tak lama kemudian pihak Dukcapil akhirnya menanggapi tuntutan Atik bersama sejumlah massa tersebut, dan akhirnya kedua belah pihak mengadakan perundingan di ruang rapat Kantor Dukcapil.

Dari rapat tersebut, kedua belah pihak menyetujui bahwa untuk sementara masalah kejelasan NIK ID itu diserahkan kepada Kepolisian yang saat ini masih dalam proses penyelidikan, oleh sebab itu pihak Dukcapil pun juga tidak bisa memberikan kejelasan, mengingat masalah tersebut sudah ditangani oleh pihak hukum.

“Saya hormati keputusan mereka untuk menyelesaikan kasus saya ini ke pihak Kepolisian,” Paparnya.

Meski dirinya setuju dengan keputusan dari hasil rapat, namun sebagai warga negara Indonesia Ati meminta pihak Dukcapil untuk membuat surat keterangan identitas diri. Agar nanti dirinya lebih mudah melakukan aktivitas sehari-hari.

“Saya sekarang selaku warga negara Indonesia tidak memegang identitas, saya cuma minta kepada mereka tolong keluarkan satu surat. Memang masalah NIK ID saya dalam penanganan pihak kepolisian, jadi biarlah pihak kepolisian yang melakukan penyelidikan. Karena saya harus memegang surat identitas, tolong keluarkan satu surat yang menunjukkan bahwa NIK ID saya dalam proses penyelidikan. Bermasalah di NIK ID, sekarang saya mau ke Jakarta susah,” Pungkas Ati. (NV)

Komentar Akun Facebook