ads

Jambiline.com, Jambi – Gubernur Jambi Alharis, didampingi oleh Komandan Korem 042 Garuda Putih Jambi, Brigjen Zulkifli dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Rocky Candra, Ketua Baznas Provinsi Hasan Basri serta Sekda Kabupaten Tanjab Timur, mengunjungi korban kebakaran di Desa Menteng (Mendahara Tengah) Kecamatan Mendahara, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jum’at (16/7/2021).

Kunjungan tersebut juga turut dihadiri oleh Asisten II, Asisten III Sekda Provinsi Jambi, serta Forkopimda Kabupaten Tanjab Timur dan para Kepala OPD Provinsi Jambi, dan Ketua Baznas Provinsi Jambi Hasan Basri.

Dalam kunjungannya, Alharis menyerahkan bantuan sebesar Rp 100 juta rupiah kepada korban kebakaran di Desa Menteng. Bantuan Rp 100 juta yang diserahkan Gubernur ini berasal dari Baznas Provinsi Jambi program Baznas Peduli sedangkan dari BPBD serta Dinas Sosial dan Dukcapil Provinsi Jambi menyerahkan perlengkapan sekolah anak-anak, berbagai perlengkapan rumah tangga dan sejumlah bahan pokok yang dibutuhkan oleh warga yang tertimpa musibah kebakaran tersebut.

Selain itu, Alharis juga memberikan motivasi kepada warga korban kebakaran untuk tetap semangat, agar tidak putus asah terhadap musibah kebakaran yang dialami, dan bersabar terhadap ujian yang diberikan dari Tuhan.

Pada kunjungan tersebut, Gubernur Jambi beserta rombongan melaksanakan beberapa kegiatan yaitu, diawali dengan melaksanakan Sholat Duha berjama’ah di Masjid Agung Nur Addarojat Sabak, dilanjutkan dengan mengunjungi korban kebakaran di Desa Menteng Kecamatan Mendahara, kemudian Sholat Jum’at Berjamaah di Masjid Raudhatul Jannah di Desa Pematang Rahim Kecamatan Mendahara Ulu, dan diakhiri dengan silahturahmi dan temu wicara dengan tokoh masyarakat di Kantor Camat Mendahara Ulu Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Adapun kebakaran yang terjadi di Desa Menteng pada tanggal 8 Juni tahun 2021 yang lalu, tercatat menghanguskan sebanyak 120 unit rumah dan mengakibatkan 16 rumah rusak ringan, dengan jumlah warga sebanyak 142 KK atau sebanyak 471 jiwa yang mengalami kerugian akibat kebakaran tersebut.

“Kami dapat kabar bahwa ada musibah kebakaran yang menimpa seluruh keluarga besar kami yang ada di wilayah Desa Mendahara Tengah ini, sebagian besar rumahnya terbakar pada 8 Juni yang lalu. Bapak Ibu yang saya hormati, tidak bisa kita menolak, ketika Allah sudah mengatur hidup manusia, ketika mulai pagi, ketika matahari menggilir kita, matahari kemudian bulan bintang mengiringi hidup kita ini, nah sama dengan kita juga hari ini, ada kalanya musibah datang, ada kalanya kita bahagia, ada kalanya kita gembira, adakalanya kita juga berduka, itulah siklus dunia ini Bapak ibu yang kami hormati, oleh karena itu kita harus terima ikhlas, kita harus menyikapi dengan iman, dengan takwa bahwa semua milik Allah, pada akhirnya kita kembali kepada Allah Subhana Wata’alah, maka musibah ini kita ucapkan innalillahi wainnailaihi rojiun,” tutur Haris.

Alharis juga menyampaikan bahwa, Pemerintah Provinsi Jambi akan mengupayakan bantuan dari Kementerian Sosial serta bantuan melalui anggaran APBD Provinsi Jambi, untuk membantu membangun kembali rumah warga yang rusak akibat kebakaran tersebut.

“Bapak Ibu, secepat mungkin kita berusaha untuk mendirikan rumah-rumah Bapak Ibu yang sudah terbakar itu, kita masih menunggu dari Kemensos ya, turunnya bantuan, kemudian nanti digabungkan dengan bantuan dari APBD Kabupaten, nah nanti semua itu kita lihat, berapa total bantuan yang masuk, nah sisanya nanti kalau masih ada warga kita yang miskin, yang tidak mampu membangun rumah, itu nanti saya akan membantu, nanti dari dana APBD Provinsi Jambi ya Insya Allah,” tutup Haris.(*).

Komentar Akun Facebook