ilustrasi (dok.net)
ads

Jambiline.com, Hallo teman-teman! Bagaimana kabarnya hari ini?

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita semua masih diselimuti kekhawatiran dengan adanya covid-19 yang tak kunjung padam ditengah-tengah kehidupan kita.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan selama pandemi masih menghampiri sementara kita harus melakukan banyak hal di dalam rumah.

Tenang saja teman-teman semua, banyak hal bermanfaat yang masih bisa kita lakukan walau hanya di rumah saja, salah satunya adalah membaca buku. Tahukah kalian bahwa dari membaca buku kita bisa menambah wawasan dan pengetahuan?

Nah, apakah teman-teman sudah membaca buku hari ini?

Untuk sebagian orang, membaca adalah hal yang sangat membosankan, terlebih lagi untuk mahasiswa karena mereka merasa terbebani dengan berbagai macam buku untuk dipelajari bukan?

Atau mungkin kamu sendiri yang saat ini merasa bingung harus melakukan apa sementara kamu tidak suka membaca?

Nah penulis akan menyampaikan beberapa tips agar kamu bisa membaca dengan cepat dan pastinya efektif untukmu!

1.Ketahui tujuan dari buku yang dibaca, karena setiap buku pastilah mempunyai kesimpulan yang berbeda, untuk itu kamu harus meluruskan terlebih dahulu apa tujuanmu membaca buku dan apa keinginanmu ketika mengetahui inti dari buku tersebut. Karena banyak orang yang bisa membaca akan tetapi tidak tahu apa inti dari yang di abaca, wah gimana tuh guys?

2.Memahami struktur bacaan, karena kebanyakan dari kita bingung ketika membaca sebuah bacaan, untuk itu lakukanlah senyamanmu, dan alangkah lebih baiknya jika kamu bisa memahami terlebih dahulu struktur dari bacaan tersebut.

Kenapa demikian? Karena struktur bacaan akan menunjukkan bagaimana teks tersebut disusun dan memudahkan kamu untuk mengetahui dan memahami tulisan tersebut.

Selain itu, tidak ada salahnya kamu untuk melihat daftar isi yang ada dibuku karena akan  membuat kamu mampu membaca lebih cepat karena sudah memahami buku tersebut

3.Bacalah pendahuluan dan kesimpulannya. Setiap buku pastinya mempunyai pendahuluan dan kesimpulan bukan? Nah dari kedua tulisan yang terlihat itu, kamu bisa cermati kalimat-kalimat yang menjelaskan inti dari keseluruhan buku tersebut, terlebih lagi pada kesimpulan yang akan menjelaskan arah bacaan dan poin-poin penting dari tulisan si penulis.

Nah itulah beberapa tips agar bisa membaca cepat dan tentunya efektif guys, jika kalian juga ingin mengefaluasi ataupun menganalisis, kalian bisa meringkas tulisan itu sehingga mudah diingat dan dipahami, untuk itu teman-teman jangan khawatir ya karena ada banyak cara jika kita mau berusaha, dalam keadaan seperti sekarang kita juga harus mampu bersaing, salah satunya tetap belajar, tetap melakukan aktivitas bermanfaat seperti membaca yang telah disampaikan tadi

Komentar Akun Facebook