ads

Jambiline.com, Jambi – Untuk menjaga mutu layanan kesehatan peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan kembali mengingatkan kepada sejumlah rumah sakit mitranya yang ada di Jambi, untuk segera memperbaharui status Akreditasi.

Kepala Bidang Penjamin Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Jambi Timbang Pamekas Jadi mengatakan hal tersebut sesuai dengan regulasi yang berlaku, akreditasi menjadi salah satu syarat wajib untuk memastikan peserta JKN-KIS memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar yang ditetapkan.

“Akreditasi ini bentuk perlindungan pemerintah dalam memenuhi hak setiap warga negara agar mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dan bermutu oleh fasilitas pelayanan kesehatan,” katanya, Kamis (2/5/19).

Lanjutnya, Akreditasi tersebut sebagai persyaratan bagi rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, seharusnya diberlakukan sejak awal 2014 lalu seiring dengan pelaksanaan program JKN-KIS. Namun memperhatikan kesiapan rumah sakit, ketentuan tersebut kemudian diperpanjang hingga januari 2019, sebagai diatur dalam peraturan peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 99 tahun 2015 tentang perubahan PMK 71 tahun 2013.

“Kita sudah berkali-kali mengingatkan rumah sakit untuk mengurus Akreditasi,” katanya.

Dirinya mencontohkan, salah satu rumah sakit yang ada di Jambi seperti RSUD Raden Mattaher telah mengurus status Akreditasinya. Pada tanggal 22 sampai dengan 27 april 2019, RSUD Raden Mattaher telah dilakukan survei akreditasi oleh komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

“Kita pantau bersama-sama, kita dari BPJS memantau terus progresnya, kita minta jangan ada apa-apa,” harapnya. (Tri)

Komentar Akun Facebook