Fhoto Ilustrasi

Jambiline.com, Jambi – Pada Juni 2017 mendatang, PT Jasa Raharja Persero berencana akan menaikan jumlah santunan kepada korban kecelakaan hingga 100 persen.

“Artinya, Pelayanan kepada masyarakat yang kami utamakan,” kata kepala cabang Budhi Samiyana melalui Kanit Operasional PT Jasa Raharja Persero Cabang Jambi Danny Fernando, Sabtu (1/4).

“Ya rencananya akan dimulai pada 1 Juli mendatang, namun dipercepat launchingnya pada bulan Juni nanti,” Tambah Danny.

Dijelaskannya, kenaikan santunan tersebut setelah Menteri Keuangan RI menertibkan peraturan untuk meningkatkan besaran santunan kepada korban kecelakaan penumpang angkutan umum dan korban kecelakaan lalu lintas.

Menurutnya, ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 15 tahun 2017 tentang Besar Santunan dan Iuran Wajib Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang, Alat Angkutan Penumpang Umum di Darat, Laut dan Udara.

Selanjutnya, untuk santunan korban kecelakaan lalu lintas diatur dalam PMK Nomor 16 tahun 2017 tentang Besar Santunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas.

“Jadi santunan kecelakaan darat saat ini sama dengan santunan kecelakaan udara korban meninggal dunia, seperti pesawat terbang, yakni menjadi Rp. 50 juta. Padahal sebelumnya, santunan kecelakaan di darat dan di laut hanya Rp. 25 juta. Jadi naik 100 persen,” jelas Danny.

Kenaikan santunan serupa juga terjadi pada santunan biaya perawatan dokter sebesar 100 persen, dari semula Rp. 10 juta menjadi Rp. 20 juta.

“Kenaikan juga terjadi pada kenaikan biaya santunan penguburan sebesar 100 persen. Dari semula Rp. 2 juta menjadi Rp. 4 juta. Ini berlaku juga termasuk santunan untuk korban cacat tetap,” Pungkasnya. (TR)

Komentar Akun Facebook