ilustrasi (dok.net)
ads

Jambiline.com, Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini lautan tidak sebersih beberapa tahun yang lalu, banyaknya sampah dan pencemaran di laut telah merubah semuanya, mengkhawatirkan dan menyebabkan laut tidak sehat.

Tahu kah teman-teman bahwa dengan kondisi yang buruk, laut seharusnya menjadi tanggung jawab kita bersama, karena pastinya permasalahan ini akan menjadi tantangan kita untuk terus mempertahankan dan bertahan.

Bayangkan saja, banyak sumber daya alam yang akan terancam, begitu juga dengan hewan-hewan laut yang seharusnya kita jaga dengan baik, apakah mungkin hewan-hewan tersebut berada di lingkungan yang tidak baik?

Sebenarnya semua permasalahan yang muncul di alam ini adalah ulah kita semua, kurangnya pemahaman dan mempertimbangkan suatu perbuatan tampaknya tidak begitu dilakukan, alhasil limbah dan sampah yang dibuang tidak pada tempatnya akan menimbulkan dampak negatif.

Lalu, apakah yang harus kita lakukan untuk mengurangi permasalahan seperti ini?

Melakukan pengelolaan sampah adalah salah satu cara untuk menunda dan mengurangi permasalahan yang akan menimbulkan kerusakan fungsi laut di dalamnya berserta makhluk hidup laut.

Pada bulan Juni hari laut sedunia diperingati, oleh karena itu kita manfaatkanlah momen tersebut sebagai rasa kepedulian terhadap lingkungan kita dengan berbagai macam upaya.

Beberapa diantaranya yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya dan juga memperbanyak tempat sampah di sekitaran laut sehingga ada pula ketentuan yang lebih tegas jika ada yang melanggarnya.

Jika teman-teman melihat sampah di sekitaran laut, alangkah baiknya juga mempunyai inisiatif untuk memungut sampah tersebut, sehingga dalam diri kita juga lebih peka dan siapapun yang melihatnya juga akan lebih merasa peduli lagi.

Teman-teman semua, kita sebagai manusia harus saling menjaga dan mempertahankan apa yang dimiliki Indonesia, untuk itu haruslah selalu diingat untuk melakukan yang terbaik.

Komentar Akun Facebook