ilustrasi (dok.net)
ads

Jambiline.com, Tahu kah teman-teman bahwa Hari Laut Sedunia diperingati pada 8 Juni disetiap tahunnya, di mana dengan adanya hari laut sedunia bisa membuat kita lebih memahami bahwa laut sangat penting bagi kehidupan seluruh makhluk hidup.

Pada tahun 1992, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menggagas peringatan hari laut sedunia dalam Earth Summit yang dilaksanakan di Rio de Janeiro, Brasil. Akan tetapi, PBB baru mengesahkannya pada tahun 2008 guys!

Bisa dibayangkan bahwa perjuangan PBB untuk terus berjuang menjaga kelestarian di bumi teruslah diusahakan, terlebih lagi dengan adanya hari laut sedunia kita lebih bisa menghargai dan menetapkan ketentuan bahkan kegiatan yang baik untuk menjaga laut.

Terlebih lagi pada masa sekarang ini, di mana banyak sekali inovasi yang bisa kita terapkan untuk menyelamatkan lautan di masa sekarang hingga dimasa yang akan datang. Dengan kemajuan teknologi yang ada, kita juga bisa memanfaatkan apa yang seharusnya bisa bersama-sama kita lakukan, karena kebaikan jika terus disebar luaskan tentulah akan berdampak pada lingkungan yang lebih sehat.

Selain mengasilkan kekayaan alam, laut juga sering dikunjungi dan menjadi tempat berlibur yang sangat menyenangkan, dengan adanya hal tersebut perlulah adanya sistem infrastruktur yang juga terus berkembang dan memadai.

Kenapa demikian? Tentulah setiap tahunnya kita harus membuat pembaharuan dan inovasi, karena saat ini faktanya  tingkat pencemaran laut sangat mengkhawatirkan, banyaknya sampah plastik tentulah membuat laut kotor dan mengkhawatirkan tumbuhan dan makhluk hidup di laut.

Tahu kah teman-teman bahwa hari laut sedunia dalah program satu dekade pembangunan berkelanjutan PBB yang akan berlangsung dari 2021-2030, di mana program inilah yang akan memperkuat kerja sama internasional untuk mengembangkan penelitian ilmiah dan teknologi yang dapat menghubungkan ilmu kelautan dengan kebutuhan kita semua.

Terlebih lagi di Indonesia, dengan memiliki lautan yang luas, Indonesia harus menjaga satwa yang ada di laut,  dengan melakukan kegiatan yang dapat melestarikan laut tentulah kita sudah bisa mengurangi permasalahan yang dapat mencemarkan air laut.

Untuk itu, alangkah baiknya kita bisa menjaga laut kita ya teman-teman, jangan membuang sampah sembarangan dan jangan merusak air laut dengan mengangkap ikan dengan cara yang tidak baik.

Komentar Akun Facebook