ilustrasi (dok.net)
ads

Jambiline.com, Peringatan Hari Buruh selalu dirayakan setiap tanggal 1 Mei, dan dikenal juga dengan sebutan May Day.

Hari Buruh tepat diperingati pada hari ini, di mana Hari buruh ini adalah sebuah hari libur tahunan di beberapa Negara yang awalnya ini terjadi karena usaha dari gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi sosial dalam kehidupan mereka.

Termasuk Indonesia, hari ini adalah hari di mana angka di kalender berwarna merah guys, itu tandanya ini adalah hari libur. Untuk itu, seharusnya teman-teman mengetahui sejarah Hari Buruh yang menjadikan kita semua mempunyai waktu luang untuk sedikit bersantai, hehe…

Di Indonesia, sejarah Hari Buruh dimulai pada era kolonial Hindia, di mana aksi ini berawal dari tulisan Adolf Baars, seorang tokoh sosialis Belanda yang mengkritik tentang harga sewa tanah dan para buruh yang bekerja keras bahkan tanpa upah yang sepadan.

Perayaan Hari Buruh juga menjadi perayaan yang pertama di Asia lho guys! Walaupun masih ada yang belum tertarik dengan perayaan ini akan tetapi setelah beberapa tahun kedepan hari buruh menjadi peringatan Hari Buruh terpanjang di era kolonial.

Walaupun pernah menjadi peringatan terpanjang di era kolonial, akan tetapi Hari Buruh juga pernah ditiadakan karena awalnya beberapa pihak melakukan pemotongan gaji kepada buruh yang membuat mereka melakukan aksi mogok.

Setelah kemerdekaan Indonesia, mulailah Hari Buruh diadakan kembali, dan dijadikan hari libur untuk para pekerja pada hari itu. Tidak sampai disitu saja, ternyata Hari Buruh memiliki perjalanan yang cukup panjang, yang ternyata Hari Buruh juga sempat dilarang, hingga akhirnya ditetapkanlah Hari Buruh yang hingga saat ini  kita ketahui sebagai hari libur nasional, ini terjadi karena  pada tahun 2013 Presiden Republik Indonesia yaitu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan hari buruh dijadikan sebagai hari libur.

Wah, ternyata juga mempunyai banyak perjuangan dan lika-likunya ya guys, untuk itu hargailah seluruh buruh yang bekerja dan menjadi bagian terpenting di negara kita.

Komentar Akun Facebook