ads

Jambiline.com, Hallo teman-teman!

Tahu kah kalian bahwa setiap tanggal 5 Juli disetiap tahunnya, Indonesia selalu memperingati Hari Bank Indonesia lho!

Tentunya peringatan ini adalah salah satu peringatan spesial bagi Negara Indonesia, terlebih lagi Bank Indonesia adalah bank sentral Republik Indonesia yang mempunyai satu tujuan tunggal, yaitu untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah, baik itu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, maupun kestabilan terhadap mata uang negara lain guys.

Nah untuk teman-teman yang belum mengetahui apa itu Bank Indonesia, alangkah baiknya dihari yang tepat ini bisa mencari tahu informasi mengenai Bank Indonesia agar mengetahui mengapa kehadirannya begitu spesial ditengah-tengah masyarakat Indonesia.

Ya, sesuai Pasal 23D UUD 1945 dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia yang merupakan bank sentral Republik Indonesia. Sebelumnya, Bank Indonesia bernama De Javasche Bank (DJB) yang didirikan berdasarkan Oktroi pada masa pemerintahan Hindia Belanda guys.

Nah pertanyaannya, mengapa tanggal 5 Juli diperingati sebagai Hari Bank Indonesia?

Semua itu diawali ketika Belanda berhasil membuka lagi De Javasche Bank, dan pada tahun 1946 tepatnya ditanggal 5 Juli pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan undang-undang darurat tentang berdirinya Bank Negara Indonesia (BNI), dan BNI adalah bank pertama yang didirikan dan dimiliki oleh pemerintah Indonesia guys, dari tanggal tersebutlah kemudian ditetapkan dan diperingati sebagai Hari Bank Indonesia.

Dan teman-teman harus tahu bahwa pada tahun 1946 bank tersebut mengedarkan alat pembayaran pertama kali ciptaan pemerintah Indonesia lho! yaitu Oeang Republik Indonesia (ORI) .

Nah, itulah sejarah singkat dari Hari Bank Indonesia guys!

Dari hal tersebut kita bisa mengetahui bahwa selalu ada usaha dan perkembangan yang terus menerus bisa kita rasakan hingga hari ini.

Komentar Akun Facebook