ilustrasi (dok.net)
ads

Jambiline.com, Hallo teman-teman, tahu kah kalian dengan sosok wanita yang bernama Sariamin Ismail?

Tepat pada hari ini, pada tanggal 31 Juli adalah hari peringatan ulang tahun Sariamin Ismail, akan tetapi tahu kah kalian siapa Sariamin Ismail?

Sariamin adalah novelis perempuan pertama di Indonesia, lahir di Talu, Talamau, Pasaman Barat, Sumatera Barat pada tanggal 31 Juli 1909. Ia sering memakai nama samaran Selasih dan Seleguri, atau bahkan keduanya.

Novel pertamanya berjudul “Kalau Tak Untung” yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada 1934.

Selain memperingati hari ulang tahunnya, hari ini laman utama Google disambut dengan Google Doodle yang menampilkan ilustrasi penulis tersebut lho!

Selain menulis, Sariamin juga menjadi ketua cabang SKIS dan menulis untuk mejalah yang dikelola oleh perempuan, selain itu dia juga membagi waktunya unutk mengajar di sekolah dan dikenal aktif mengikuti kegiatan organisasi lho!

Sebagai seorang penulis dan wartawan, ia menyinggung tentang poligami dan menekankan tentang pentingnya hubungan keluarga di Minangkabau.

Melalui tulisan yang dibuat ia juga  mengkritik ketidak adilan peraturan gaji bagi pegawai wanita, terutama pada guru wanita.

Pada tahun 1933 ia berhasil menerbitkan novel pertamanya yang menjadikannya sebagai novelis perempuan pertama dalam sejarah Indonesia lho!

Sariamin Ismail terus menulis dan meninggalkan karya yang bisa menginsipirasi dan meninggalkan kisah hidupnya yang menjadi pelajaran untuk kita semua, ia meninggal di Pekanbaru pada tanggal 15 Desember 1995 pada umur 86 tahun.

Komentar Akun Facebook