ads

JAMBILINE.COM, JAMBI – Tingkat kebahagiaan menjadi topik pembicaraan yang cukup hangat pada beberapa hari terakhir ini, setelah BPS merilis angka indeks kebahagiaan penduduk Indonesia. Menurut BPS, indeks kebahagiaan Indonesia 2021 mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2017. Indeks kebahagiaan 2021 meningkat 0,8 poin dari 70,69 menjadi 71,49.

Peningkatan indeks kebahagiaan diatas secara umum menggambarkan bahwa penduduk Indonesia semakin bahagia. Pandemi Covid 19 tidak terlalu berdampak pada tingkat kebahagiaan penduduk Indonesia. Mereka masih tetap berbahagia dengan segala keterbatasan yang dialami selama pandemi.

Pengukuran tingkat kebahagiaan di Indonesia sudah dilakukan oleh BPS sejak tahun 2014 melalui Survei Pengukuran Tingkat Kebahagiaan (SPTK) yang dilaksanakan setiap 3 tahun sekali. Pada tahun 2021, tingkat kebahagiaan penduduk Indonesia diukur dari 3 dimensi yaitu kepuasan hidup (life satisfaction), perasaan (affect), dan makna hidup (eudaimonia). Dimensi kepuasan hidup dibedakan menjadi subdimensi kepuasan hidup personal dan kepuasan hidup sosial.

Bagaimana tingkat kebahagiaan penduduk Jambi? Jambi menjadi provinsi paling bahagia keempat dari 34 provinsi di Indonesia. Di posisi pertama ada Maluku Utara, kemudian diikuti Kalimantan Utara dan Maluku. Bahkan tingkat kebahagian penduduk Jambi lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat kebahagian penduduk Indonesia secara umum.

Peringkat kebahagiaan Jambi ini meningkat pesat dibandingkan dengan tahun 2017, dimana pada saat itu Jambi hanya menduduki peringkat 26. Peningkatan yang signifikan ini, menggambarkan bahwa dalam kurun waktu 4 tahun terakhir penduduk Jambi merasakan kepuasan yang baik atas semua pencapaiannya. Menurut tokoh Ed Diener, kebahagiaan adalah penilaian individu terhadap kehidupannya melibatkan kepuasan hidup.

Peningkatan pesat ini sepenuhnya ditunjang oleh peningkatan dimensi-dimensi pendukung indeks kebahagian Jambi. Dimensi kepuasan hidup meningkat dari 71,02 menjadi 76,70. Dimensi kepuasaan hidup ini mencakup kepuasan atas pendidikan dan keterampilan, pekerjaan, pendapatan rumah tangga, kesehatan, rumah dan fasilitas rumah, keharmonisan keluarga, ketersediaan waktu luang, hubungan sosial di lingkungan, keadaan lingkungan dan kondisi keamanan.

Dari beberapa indikator kepuasan hidup tersebut, indikator yang tertinggi adalah keharmonisan keluarga. Ini menggambarkan bahwa kasih sayang, keakraban, saling melengkapi antar anggota keluarga di Jambi masih sangat tinggi. Ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap kebahagian individu anggota rumah tangga tersebut.

Indikator kepuasan hidup yang terendah adalah pendidikan dan keterampilan. Seperti kita ketahui bersama bahwa memang indikator pendidikan Jambi masih belum lebih baik dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia. Angka rata-rata lama sekolah Jambi masih di angka 8,64 tahun, artinya penduduk Jambi rata-rata bersekolah sampai dengan SMP kelas 3.

Indikator kepuasan hidup yang juga rendah adalah pendapatan rumah tangga. Nilai indikator pendapatan rumah tangga masih di bawah angka 70. Ini menandakan penduduk Jambi masih belum puas dengan pendapatan yang diterimanya.

Dimensi perasaan meningkat dari 68,56 menjadi 73,15. Dimensi ini mencakup perasaan senang/riang/gembira, perasaan tidak khawatir/cemas dan perasaan tidak tertekan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Untuk dimensi ini indikator perasaan tidak khawatir/cemas adalah indikator yang paling rendah.

Dimensi makna hidup meningkat dari 71,61 menjadi 75,44. Dimensi ini mencakup indikator kemandirian, penguasaan lingkungan, pengembangan diri, hubungan positif dengan orang lain, tujuan hidup dan penerimaan diri. Pada dimensi ini, indikator yang paling rendah adalah indikator pengembangan diri. Indikator pengembangan diri ini terkait dengan keinginan penduduk untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, relasi dan potensi lain yang dimilikinya.

Dari data-data tingkat kebahagian diatas terlihat bahwa indikator yang lemah di Provinsi Jambi itu saling berkaitan. Tingginya angka kecemasan/kekhawatiran dalam menjalani kehidupan sehari-hari sangat dipengaruhi oleh tingkat pendapatan rumah tangga, dimana akan bermuara pada kemampuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pendapatan rumah tangga juga sangat dipengaruhi oleh tingkat pendidikan.

Peningkatan angka kebahagiaan penduduk Jambi ini tidak lepas dari campur tangan pemerintah daerah. Banyak indikator dari angka tingkat kebahagiaan merupakan manfaat dari pelayanan yang diberikan oleh pemerintah, seperti pendidikan, kesehatan, lapangan pekerjaan, rasa aman dan pelayanan-pelayanan lainnya.

Untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan tingkat kebahagiaan penduduk Jambi, maka pemerintah harus terus hadir dalam memberikan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat. Peningkatan pelayanan dapat dimulai dari indikator kebahagiaan yang disinyalir masih rendah, dan tentu saja tanpa meninggalkan indikator lain yang sudah baik.

Peningkatan pendidikan di Provinsi Jambi tetap menjadi prioritas utama, karena pendidikan mempunyai dampak pada semua permasalahan sosial. Bantuan sosial seperti PIP bagi siswa miskin dan beasiswa pelajar berprestasi harus terus diberikan. Bansos pendidikan ini menjamin akses masyarakat pada pendidikan yang layak dapat terpenuhi, selain tentunya penambahan fasilitas pendidikan.

Pemerintah juga perlu menjamin iklim perekonomian yang kondusif, agar masyarakat dapat mencari nafkah dengan leluasa. Kemudian penciptaan lapangan pekerjaan dengan menarik investasi masuk ke Provinsi Jambi, mempermudah perizinan usaha dan bantuan modal untuk UMKM.

Pemerintah harus memastikan bahwa bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat benar-benar tepat sasaran. Jaminan atas keamanan daerah, lingkungan dan bermasyarakat juga menjadi tugas penting pemerintah dan kepolisian, agar masyarakat tidak merasa khawatir dan cemas dalam berkegiatan.

Semoga dengan sinergi semua pihak baik pemerintah daerah, pihak kepolisian, swasta dan masyarakat, Provinsi Jambi akan tetap menjadi Provinsi yang paling bahagia. Salam.

Penulis
Nama: Nopriansyah, SST, MSi
Jabatan : Statistisi BPS Provinsi Jambi

Komentar Akun Facebook