Perangkat Warning Receiver System (WRS) di BPBD Kerinci

Jambiline.com, Kerinci – Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah memiliki perangkat Warning Receiver System (WRS) atau sistem penerima peringatan dini informasi gempa bumi dan tsunami. Alat yang diletakan di Kantor BPBD tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kerinci, Darifus mengatakan, bencana yang terjadi saat ini tidak bisa dipredikisi, untuk itu dengan adanya bantuan WRS tersebut akan mempermudah masyarakat untuk mengetahui lebih awal terjadinya bencana di suatu daerah atau wilayah, sehingga daerah bisa terus melakukan pemantauan dan perkembangan bencana yang terkoneksi langsung dengan BMKG Pusat.

“Dengan adanya alat pendeteksi ini, keselamatan masyarakat bisa terjaga lebih awal,dan masyarakat bisa mengetahui bencana lebih awal sebelum bencana terjadi lebih besar,” jelasnya, Rabu (5/8)

Ia menambahkan, bantuan WRS yang diterima ini merupakan bentuk kerjasama BPBD Kerinci dengan BMKG, karena alat tersebut hanya diperuntukan untuk daerah rawan bencana, dan untuk wilayah Provinsi Jambi hanya dua Kabupaten yang menerima bantuan WRS yakni Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Merangin.

“Kita pada tahun sebelumnya juga pernah menerima bantuan alat pendeteksi gempa yang hingga saat ini masih berfungsi, akan tetapi alat tersebut tidak memiliki monitor, sehingga untuk mendapatkan informasi harus mengakses terlebih dahulu melalui internet,” tutupnya. (Wnd)

Komentar Akun Facebook