ilustrasi (dok.net)
ads

Jambiline.com, Kejujuran adalah salah satu nilai kehidupan yang penting dan sangat berharga untuk dijaga.

Setiap manusia tentunya tahu mana yang baik dan mana yang tidak baik, ketika kamu melihat orang lain lebih memilih untuk berbohong di saat itu sebenarnya dia sudah tahu bahwa apa yang dilakukannya itu adalah perbuatan tidak baik. Akan tetapi mengapa masih sering hal itu terjadi bahkan kita semua pernah memilih untuk berbohong?

Banyak diantara kita sudah terbiasa berbohong untuk mendapatkan sesuatu atau menginginkan kesuksesan dalam dirinya, akan tetapi sebenarnya kejujuranlah yang akan memberikan jalan terbaik agar kita menjadi orang yang sukses.

Tahu kah kamu bahwa kejujuran sudah ada di dalam diri manusia, akan tetapi masih banyak yang tidak menanamkan sikap jujur, bahkan sengaja tidak jujur karena sudah terbiasa berbohong guys!

Terlebih lagi nih kalau kita sudah terbiasa berbohong, orang-orang disekitar akan sulit percaya dengan kita. Nah kalau begitu bagaimana cara mengubahnya ya?

Bisa saja, kamu hanya perlu membiasakan dirimu untuk melakukan hal-hal yang baik, hindarilah aktivitas yang akan membawamu kembali berbohong. Sebenarnya inilah alasan mengapa sedari kecil kita sudah diajarkan untuk tidak berbohong.

Kalau sedari kecil kita sudah diajarkan untuk jujur, lantas mengapa sampai sekarang tidak bisa menjaga prilaku baik?

Menanamkan sikap jujur sedari kecil ternyata tidak mudah guys, apa lagi menjaganya!

Mengajarkan kejujuran bukan hanya sebatas omongan saja, akan tetapi berikanlah pemahaman bahwa bersikap jujur itu penting untuk dirinya dan orang lain, begitupun sebaliknya katakan mengapa berbohong itu tidak baik.

Terlebih untuk anak kecil yang banyak ingin tahunya, alangkah baiknya diceritakan kisah-kisah tentang kejujuran yang akan selalu melekat pada dirinya, tentunya harus pandai membuat mereka  merasa bahwa apa yang disampaikan itu adalah hal yang menyenangkan.

Sering terjadi, ketika seseorang diajarkan untuk tidak boleh berbohong akan tetapi secara tidak langsung orang yang mengajarinya sendiri yang langsung mempraktekan hal tersebut. Maka dari itu, jadilah contoh yang baik di lingkungan sekitar sehingga nantinya juga pandai memilih dan menentukan mana yang terbaik dan mana yang tidak baik untuk dilakukan.

Nah, untuk itu teman-teman semua harus membiasakan diri untuk tidak berbohong lagi, dan yang paling terpenting kita harus terus belajar dan memahami nilai-nilai Agama sehingga kita bisa terus menjaga prilaku baik di mana pun kita berada.

Komentar Akun Facebook