ilustrasi (dok.net)
ads

Jambiline.com, Kondisi Perekonomian Indonesia saat ini tidak dalam kondisi yang baik. Krisis ekonomi global akibat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), membuat kondisi perekonomian negara menjadi terganggu. Disamping itu, adanya kebijakan social distancing dan Work From Home (WFH) yang mengharuskan pemuda memanfaatkan keadaan tersebut untuk berkreasi dan berinovasi agar dapat membantu pemulihan ekonomi walaupun belum secara total.

Ekonomi memang selalu mengalami kemunduran dan kemerosotan, terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat pandemi ini yaitu kemandirian dan perlunya inisiatif yang tinggi untuk melihat peluang yang ada. Di masa pandemi anggaran bantuan sosial, penyelamatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan lainnya itu lebih besar agar bisa memanfaatkannya untuk kemajuan ekonomi.

Hal ini dapat dijadikan peluang bagi generasi muda, agar selamat pada kondisi saat ini. Pemuda tidak hanya mencari solusi kreatif, namun juga menjadi Agen Of Change bagi bangsa agar keluar dari krisis ekonomi di masa pandemi Covid-19. Walaupun kebijakan dan peluang yang ada jauh lebih besar dalam mengembangkan inovasi untuk memajukan ekonomi ditambah lagi Pendidikan dan keterampilan formal yang dimiliki generasi muda saat ini, generasi mudapun mempunyai inovasi yang luar biasa untuk mempengaruhi kondisi ekonomi .

Lalu, siapa yang dapat berperan jika ingin ada perubahan?

Tentunya secara umum semua pihak mulai dari Pemuda, masyarakat hingga pemerintahan turut andil dalam keadaan sekarang ini. Justru yang dapat kita manfaatkan adalah program yang disalurkan oleh pemerintah, karena konsumsi masyarakat, ekspor dan impor menurun maka yang dapat diandalkan adalah government standing atau APBN. Di satu sisi pemerintah inisiatif untuk mensosialisasikan dan di sisi lain masyarakat harus pandai untuk menjemput program yang telah disediakan pemerintah.

Perubahan yang terjadi saat ini juga mengharuskan pemuda untuk tetap inovatif dan kreatif dalam memanfaatkan peluang, agar tidak semakin terpuruk dalam keadaan seperti ini. Jika kita tidak peduli dan tidak dapat menangani itu dengan baik, maka dikhawatirkan pada masa yang akan datang akan terulang kesalahan yang sama sehingga ekonomi akan terus mengalami penurunan.

Jika ditelusuri lebih jauh, sudah mulai banyak perubahan-perubahan yang terjadi saat ini ke arah yang lebih baru dari sebelumnya. Dan pola yang terjadi dalam memajukan ekonomi tak terlepas adanya keterlibatan pemuda dalam perubahan tersebut.

Terobosan, inovasi, dan motivasi yang ditunjukkan pemuda dalam mengembangkan ekonomi di masa pandemi ini membuat kondisi yang dulunyaa mengalami kemunduran dan sekarang mulai bermuncul secercah harapan untuk menggapai asa yang selama ini dalam mimpi pun tidak ada.
Sosok seperti inilah yang menjadi tokoh utama dalam mengubah kondisi perekonomian di Indonesia.

Tanpa adanya pemuda, tentu sulit dilakukan ditambah lagi dengan perkembangan zaman yang semakin cepat dan diperlukan adaptasi untuk dapat bertahan dalam mengembangkan ekonomi. Perkembangan zaman ini dengan semakin besarnya peran teknologi tentunya menjadi sekat dalam mengembangkan ekonomi. Hanya orang-orang yang mampu beradaptasilah yang dapat bertahan.

Tentunya pemuda memiliki kapasitas yang lebih besar dalam hal ini karena lebih dekat dengan teknologi. Kemajuan teknologi telah mengubah kebiasaan-kebiasaan masyarakt dari hal kecil hingga besar, dari sektor apapun itu. Hal ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi pemuda yang dapat memahaminya serta mampu membuat terobosan baru dalam memajukan ekonomi.

Komentar Akun Facebook