ilustrasi (dok.net)
ads

Jambiline.com, Mungkin masih banyak dari kita yang belum mengetahui tentang sejarah hari donor darah sedunia, di mana hari tersebut diperingati karena adanya perjuangan dari masa ke masa untuk bisa melakukan kebaikan dan menolong sesama.

Coba bayangkan jika donor darah tidak ada guys, pastinya dunia kesehatan akan merasa kewalahan dan banyak jiwa manusia yang tidak tertolong.

Pada kegiatan donor darah, pastinya da pendonor darah yang ikut dalam proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela, di mana setelah itu darah tersebut disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk dapat digunakan untuk transfusi darah.

Upaya untuk melakukan transfusi darah ternyata sudah dilakukan sejak abad ke-15 lho!

Di mana pada saat itu pada tahun 1942, Paus Innosensius VII mengalami koma, untuk melakukan penyembuhan selain dengan obat-obatan juga dilakukanlah usaha untuk transfusi darah melalui mulut sesuai anjuran tenaga kesehatan di zaman itu. Akan tetapi karena belum adanya pengetahuan mengenai donor darah, pengobatan yang dilakukanpun gagal dan mengakibatkan  Paus Innosensius VII meninggal.

Pada abad ke-17 terus diupayakan usaha transfusi darah pada sesame hewan akan tetapi masih belum berhasil jika dilakukan pada manusia.

Pada abad ke-19 upaya baru ditemukan, yaitu dengan adanya  perbedaan golongan darah setelah pencampuran darah dari pendonor dan dari penerima sebelum transfusi dilakukan.

ilustrasi (dok.net)

Sejak itulah pada tahun 1825 sampai tahun 1830 dilakukan transfusi darah dan berhasil, pada saat itulah mulau dipublikasikan keberhasilan itu, bahkan pada tahun 1901 seseorang dari Austria bernama Karl Landsteiner, penerima Hadiah Nobel dalam Psikologi dan Kesehatan karena menemukan pengelompokan darah manusia, di mana transfusi darah menjadi lebih aman guys! Ia berhasil menemukan pengelompokan darah menjadi golongan darah A, B, AB, dan O, pada saat itu juga transfusi darah tidak lagi dilakukan secara sembarangan.

Nah, dari perjuangan yang telah dilakukan dari masa ke masa, hari donor darah sedunia pun ditetapkan pada tanggal 14 Juni disetiap tahunnya, di mana tanggal tersbut adalah hari ulang tahun Karl Landsteiner

Dengan adanya hari tersebut, kita bisa saling menyebarkan kebaikan dan kepedulian terhadap sesama, kita semua juga berterima kasih pada para pendonor yang secara sukarela telah menyelamatkan nyawa orang lain.

 

 

Komentar Akun Facebook