JAMBI – Cepat tanggap, mungkin istilah tersebut tepat untuk menggambarkan sosok seorang Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha. Bagaimana tidak, permintaan warganya yang meminta bantuan kursi roda walaupun hanya melalui medsos (media sosial red.), Wali Kota Fasha pun langsung meresponnya dengan segera memberikan bantuan tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan.

Program berbagi bantuan kursi roda gratis bagi penyandang disabilitas yang murni dibiayai dari gaji dirinya sebagai Wali Kota tersebut, memang telah menyedot atensi dan apresiasi yang luas dari berbagai lapisan masyarakat di Kota Jambi. Tidak sedikit masyarakat yang langsung meminta kepada sang Wali Kota, walaupun hanya melalui medsos.

Hal tersebut langsung dibuktikan Fasha pada saat menyerahkan bantuan kursi roda gratis kepada 3 orang warganya di Kelurahan Kenali Besar Kecamatan Alam Barajo (6/7). Didampingi oleh Camat Alam Barajo Amran, Wali Kota Fasha membawa harapan baru bagi masyarakatnya yang membutuhkan bantuan kursi roda tersebut.

Di lokasi pertama, Wali Kota Fasha menyerahkan bantuan kursi roda kepada Oktavia Putri Ramadhani, yang berdomisili di Jalan Kenali Jaya Perumahan Griya Kencana No.04 RT. 53. Anak berusia 12 tahun tersebut pada waktu balita pernah jatuh dan didiagnosa menderita saraf terjepit (Herniated Nucleus Pulposus/HNP), yang menyebabkan kelumpuhan pada dirinya. Karena keterbatasan ekonomi, orang tuanya yang hanya seorang buruh bangunan, urung untuk mengobati putri sulungnya tersebut.

Melihat kondisi anak tersebut, Wali Kota Fasha pun langsung terenyuh. Fasha langsung menyarankan kepada orang tua anak tersebut untuk melanjutkan kembali pengobatan anaknya, jika perlu akan dirujuk ke RSCM di Jakarta dan akan ditanggung biayanya oleh Pemkot Jambi.

Rasa harupun menyelimuti keluarga tersebut. “Dibantu kursi roda saja kami sangat berterima kasih pak, apalagi Pak Wali mau membantu lagi pengobatan anak kami, terima kasih banyak Pak,” ujar orang tua Oktavia.

Dilokasi kedua, Wali Kota Fasha memberikan bantuan kursi roda kepada As’ad Hadi (65 tahun), warga Lorong Taqwa No. 90 RT.15 Kenali Besar. Bapak dari 3 orang anak tersebut, sebelumnya telah mengalami penyakit stroke, namun berhasil sembuh. Untuk kedua kalinya, dirinya langsung mengalami kelumpuhan akibat terserang kembali penyakit tersebut.

Kedatangan Wali Kota Fasha pun disambut hangat oleh keluarga dan masyarakat sekitar. Faisal, Ketua RT setempat, mewakili penerima bantuan tersebut pun mengungkapkan apresiasi dan rasa syukurnya atas bantuan Wali Kota Jambi tersebut.

“Kami mewakili Pak As’ad, keluarganya dan masyarakat sekitar mengucapkan terima kasih atas kedatangan Bapak Wali Kota Jambi untuk membantu kursi roda bagi warga kami. Pak As’ad ini merupakan bilal di masjid kami, sudah lama kami rindu mendengar azannya. Semoga dengan adanya kursi ini, kami bisa mendengar lagi azan beliau. Kedatangan Bapak pun kami harapkan akan menjadi obat bagi saudara kami yang sakit ini,” tutur Faisal.

Dilokasi terakhir, Wali Kota Fasha juga menyerahkan bantuan kursi roda kepada Septi Wahyuningsih Siahaan (24 tahun), warga Jalan Merak 2 No. 1 RT. 60 Kelurahan Kenali Besar. Putri dari Lambok Siahaan tersebut, pada usia 8 bulan mengalami step/stiff, yang menyebabkan kondisi terganggunya saraf dan mengakibatkan kelumpuhan.

Lambok pun telah mengadu kemana-mana untuk mendapatkan bantuan kursi roda bagi putri semata wayangnya tersebut.

“Saya sudah meminta kemana-mana bantuan kursi roda untuk anak saya ini, termasuk kepada petinggi di Jambi ini, namun hanya Pak Wali Fasha yang membantu kami. Terima kasih Pak, ini (kursi roda red.) sangat bermanfaat. Semoga Bapak terus menjadi Wali Kota yang terdepan membantu rakyatnya,” harap Lambok.

Dilokasi tersebut juga, Wali Kota menjenguk salah satu warga yang menderita sakit menahun dirumahnya. Tanpa pikir panjang Wali Kota Fasha langsung menyambangi kediaman warga tersebut. Melihat kondisi warga yang lemah tak berdaya tersebut, Fasha langsung meminta layanan Home Care untuk turun langsung memeriksa kondisi warga tersebut.

Tidak butuh waktu lama, layanan Home Care pun langsung hadir membawa dokter untuk memeriksa kondisi warga itu. Wali Kota Fasha pun mengungkapkan kepada warga sekitar, saat ini warga Kota Jambi tidak perlu khawatir jika tidak dapat berkunjung ke Puskesmas.

“Silahkan hubungi nomor layanan 119 untuk kegawat daruratan. Dan layanan Home Care untuk kunjungan dokter kerumah bagi masyarakat yang sakit namun secara fisik tidak dapat berobat ke puskesmas ataupun rumah sakit. Saat ini berobat tidak sulit lagi bagi masyarakat Kota Jambi. Kami akan dekatkan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat. Salah satunya juga melalui layanan Home Care ini,” terang Fasha.

Sebagaimana diketahui, Wali Kota Syarif Fasha banyak menginisiasi berbagai inovasi yang memudahkan masyarakat Kota Jambi. Layanan Home Care adalah adalah satu contoh kongkrit yang dibuktikan dirinya kepada masyarakat.

Adapun program berbagi kursi roda gratis bagi masyarakat adalah merupakan kegiatan sosial yang dibiayai sendiri secara pribadi oleh dirinya tanpa membebani APBD Kota Jambi. Ia sengaja tidak mengambil gajinya sejak menjadi Wali Kota. Gajinya itu sepenuhnya dimanfaatkan untuk membantu warga dalam berbagai banyak hal, diantaranya kegiatan pendidikan dan kesehatan untuk masyarakat. (*/JL)

Komentar Akun Facebook