Hasil rapid test beberapa petugas KPPS di Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jambi

Jambiline.com, Tanjab Barat – Sebanyak 142 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara ( KPPS) di Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat Jambi dinyatakan Reaktif Covid-19.

Hal ini diketahui dari hasil rapid test yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanjab barat bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanjab barat.

“Ada sebanyak 6000 petugas yang diharuskan mengikuti rapid test, mulai dari PPK dan sekretariat, PPS, KPPS hingga PAM TPS. Hasilnya ada 142 orang yang reaktif ,” kata Kepala Dinkes Kabupaten Tanjab Barat, Andi Pada, Selasa (24/11/2020).

142 orang KPPS ini diminta untuk melakukan isolasi mandiri sambil menunggu hasil uji Swab.

“Swab sudah kita lakukan dari kemarin, direncanakan sampai besok. Mudah-mudahan bisa selesai pengambilan Swab-nya. Kita berharap hasilnya juga negatif sehingga tidak ada penambahan,” ujar Andi.

Sementara itu Komisioner KPU Provinsi Jambi Afnizal menuturkan, berdasarkan PKPU 13, bahwa sebelum anggota KPPS bertugas harus dilakukan rapid test. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk pelaksanaan prokes jelang pencoblosan.

“Bayangkan kalau ini tidak diketahui dari awal, justru tidak dapat diantisipasi,” tuturnya.

Dikatakan Afnizal, bagi calon KPPS yang reaktif, dilakukan isolasi dan akan menjalani rapid test ulang.

“Jika reaktif juga, koordinasi dengan gugus tugas untuk dilakukan swab, dan kita upayakan diganti KPPS nya. Lebih awal kita tahu akan lebih baik kita mengambil langkah,” tandas Afnizal.

Komentar Akun Facebook