ads

Jambiline.com, Udah weekend nih, biasanya waktu ini dimanfaatkan untuk bersantai bersama teman dan berkumpul bersama keluarga bukan?

Minggu ini teman-teman akan pergi kemana? Piknik? Ke pantai? Atau pergi ke tempat wisata lainnya?

Adakah yang memiliki jawaban akan pergi ke museum?

Faktanya saat ini jarang sekali yang akan menjawab museum sebagai tempat  menikmati akhir pekan, ditambah lagi kebanyakan dari kita menganggap bahwa museum adalah tempat yang kuno dan tidak menarik, benar apa benar?

Selain belum menjadi gaya hidup orang Indonesia, tidak sedikit dari kita yang merasa malas untuk datang ke museum, yaa… itu juga karena ada jadwal khusus dari sekolah yang mengharuskan kita datang ke museum, hehe…

Teman-teman tahu enggak sih, bahwa banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari museum, terlebih dengan adanya berbagai museum khusus yang sangat menarik lho!

Tepatnya pada tanggal 8-12 Juni 2021 ini, Museum Perjuangan Rakyat Jambi mengadakan pameran temporer  kesultanan jambi, dinamika perdagangan lada dan karet.

“Museum Sebagai Sumber Pemajuan Kebudayaan dan Pendidikan” itulah tema dari pameran temporer tersebut, di mana sudah terlihat jelas bahwa museum sangat panting untuk kemajuan pendidikan guys!

 

Rumah Basama, salah satu wadah pengembangan anak muda di Kota Jambi, pada kesempatan weekend ini berkunjung ke museum untuk melihat pameran tersebut lho!

Cut Aziza Dewi, salah satu pengurus dari Rumah Basama mengatakan bahwa museum adalah tempat yang sangat menyenangkan untuk dikunjugi, selain itu menurutnya dengan adanya pameran tersebut kita bisa mengetahui kebudayaan asli Jambi dari masa ke masa.

“Di museum banyak sekali pengetahuan yang bisa kita dapatkan, terlebih lagi dengan adanya pameran ini saya dan teman-teman Rumah Basama bisa tahu bagaimana perjuangan rakyat Jambi, bagaimana kebudayaan rakyat Jambi pada masa itu yang menjadi cikal bakal adat istiadat sekarang, bahkan di sini kita bisa mengetahui banyak peninggalan keagamaan dan kerajaan yang ada  di Jambi” Jelas Cut

Wah, dari penjelasan yang telah disampaikan, kita bisa menyimpulkan bahwa museum harus lebih sering dikunjungi karena sangat penting bagi pendidikan dan pengetahuan kita sebagai generasi yang peduli terhadap sejarah bangsanya.

“Harapan kedepannya sebagai generasi muda Jambi, bisa turut andil dalam melestarikan kebudayaan daerah Jambi agar tidak hanya menjadi koleksi di museum-museum” Tutup Cut

Untuk teman-teman semua  jika selama ini jarang berkunjung ke museum, yuk mulai sekarang kita ke museum! Karena museum adalah harta berharga yang harus kita jaga

Komentar Akun Facebook