ilustrasi (dok.net)
ads

Jambiline.com, Indonesia merupakan negara kepulauan yang tidak hanya dilimpahi keindahan alam melainkan juga kekayaan budaya, salah satu contoh kekayaan budaya tersebut adalah tarian yang ada di setiap provinsi.

Untuk itu, pastinya di Indonesia sangat menghargai tarian di setiap provinsi bukan? Kira-kira kalian semua tahu enggak sih kapan diperingatinya Hari Tari Sedunia?

Hari Tari Sedunia diperingati setiap tanggal 29 April guys! Tepat pada hari ini kita semua memperingati hari yang begitu istimewa, terutama di Indonesia.

Lalu sebenarnya bagaimana asal mula Hari Tari Sedunia ini?

Penetapan tanggal 29 April sebagai Hari Tari Sedunia tentunya berkaitan dengan tokoh yang berpengaruh pastinya, Hari Tari Sedunia bertepatan dengan perayaan hari ulang tahun kreator balet modern, Jean-Georges Noverre yang lahir 29 April guys,  dia adalah penari dan ahli balet kelahiran Perancis yang dikenal sebagai penemu ballet d’action lho!

Ballet d’action adalah jenis balet modern, yaitu sebagai pembaharuan dari tarian balet sebelumnya dikenal dengan narrative ballet. Bahkan dijadikan pertunjukan balet yang dibuat seolah drama teater yang lengkap dengan plot dan karakter guys.

Selain itu, mengapa ditetapkannya Hari Tari Sedunia yang bertujuan untuk memberi edukasi akan seni tari lewat acara atau festival yang diselenggarakan di hari tersebut.

Melansir Wikipedia, perayaan Hari Tari Sedunia atau International Dance Day digagas oleh Komite Tari dari Institut Teater Internasional (ITI).

UNESCO juga memberi mandat kepada ITI menjadi penyelenggara event Hari Tari Sedunia setiap tahunnya di seluruh dunia semenjak 1982 silam. Semenjak tahun 29 April 1982, berbagai event dan festival digelar oleh ITI dengan memilih beberapa kota di dunia menjadi tuan rumah acara tersebut.

Wah, kebayang enggak sih guys ketika para penari Indonesia berkumpul dan menunjukkan kemampuan mereka dalam menari? Tentunya sangat luar biasa sekali.

Biasanya acara dan kegiatan yang berlangsung pada hari ini yaitu terdiri dari pertunjukan tarian, workshop edukasi, proyek kemanusiaan, dan pidato dari para penggiat tari dari seluruh dunia, tentunya Indonesia juga berpartisipasi dalam hal ini.

Komentar Akun Facebook