Komisioner KPU Provinsi Jambi, M. Sanusi.

Jambiline.com, Jambi – Partai politik hasil pemilu legilsatif (Pileg) 2019 memastikan bahwa tidak ada satupun partai politik (parpol) yang bisa mengusung sendiri kandidatnya di Pemilihan Gubernur (pilgub) mendatang.

Penyebabnya adalah syarat dukungan minimal Ini untuk mengusung pasangan calon adalah minimal 20 persen perolehan kursi di DPRD atau 25 persen akumulasi perolehan suara sah dan pemilu.

Komisioner KPU Provinsi Jambi, M. Sanusi mengatakan, bila mengacu pada pasal 40 UU Nomor 10 tahun 2016 menyebutkan bila Partai Politik atau gabungan Parpol dapat mendaftarkan Paslon jika telah memenuhi persyaratan perolehan paling sedikit 20 % dari jumlah kursi DPRD atau 25 % dari akumulasi perolehan suara sah dlm Pemilu.

“Iya 20 persen perolehan kursi atau 25 persen perolehan suara sah,” kata Sanusi.

Sanusi melanjutkan, disamping itu, berdasarkan hasil pleno KPU Provinsi Jambi, terdapat 10 parpol yang berhasil merebut kursi di DPRD Provinsi Jambi.

“PDIP sendiri meraih 9 kursi atau 16,36 persen. Golkar, Gerindra, Demokrat dan PAN meraih 7 Kursi atau 12,72 persen. Kemudian PKB dan PKS meraih 5 kursi atau 9,09 persen. PPP meraih 3 kursi atau 5,45 persen, dan Nasdem serta Hanura meraih dua kursi atau 3,64 persen,” jelas Sanusi.

Sanusi menambahkan, sementara itu untuk 20 persen kursi di DPRD Provinsi Jambi adalah 11 kursi, menurutnya, parpol wajib berkoalisi untuk bisa mengusung calon.

“Dengan sebaran persentase jumlah kursi PDIP cukup menambah 2 kursi untuk bisa mengusung calon sendiri. Sementara Golkar, Gerindra, Demokrat dan PAN harus bisa menambah 4 kursi untuk mengusung calon. Artinya jumlah calon yang bisa diusung parpol sebenarnya bisa lebih dari 3 pasangan calon,” pungkasnya. (Fay).

Komentar Akun Facebook