ads

Jambiline.com, Jambi – Unit Reskrim Polsek Jambi Timur telah mengungkap kasus tindak pidana pencurian kotak amal di masjid Baiturrahman, di Kawasan Lorong Ade, RT.09 Kelurahan Payo Selincah, Kecamatan Paal Merah, Kota Jambi, tiga orang pelaku berhasil diamankan.

Kapolsek Jambi Timur, AKP Hendra Wijaya mengatakan bahwa, ada dua kejadian di satu tempat yang sama, pertama pada (24/7), yang kedua pada (29/7), dan kejadian itu berlangsung selalu pada pukul 03.00 WIB dini hari.

“Yang mana sekira pukul 04.00 WIB, saat pelapor datang ke masjid dengan maksud untuk mempersiapkan sholat subuh berjamaah melihat kondisi dalam masjid banyak yang berubah posisinya dari posisi semula, lalu marbot langsung mengecek kotak amal masjid sudah dalam keadaan rusak atau kebongkar dan uang di dalam kotak tersebut telah hilang,” jelas AKP Hendra, Senin (02/8/2021).

Disambung Kanit Reskrim Polsek Jambi Timur, Ipda Yuda Rengga Permana mengungkapkan kronologis penangkapan, setelah menerima laporan korban, lalu anggota Opsnal melakukan penyelidikan atas laporan tersebut. Setelah mengetahui keberadaan tersangka, pada hari sabtu sekira pukul 10.00 WIB tim Opsnal dipimpin Kanit Yuda melakukan penangkapan terhadap tersangka.

“Hasil dari penangkapan itu, diamankan pelaku inisial R (15) di bawah umur, kemudian Robbi (21) dan Putra (19), di rumah kosong yang beralamat di Lorong Garuda I KelurahanTalang Banjar, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi,” ungkap Yuda.

“Diketahui dari penjelasan pelaku saat di interogasi, mereka melaksanakan aksinya awalnya berdua, dikarenakan berhasil mereka mengajak temannya satu lagi jadi bertiga, dan mereka ini sudah spesialis bobol kotak amal masjid,” tambahnya.

Barang bukti yang berhasil diamankan berupa, dua buah obeng kecil, satu buah kunci ukuran 19, dua buah tang, satu buah linggis, uang logam pecahan Rp100 rupiah sebanyak Rp.13.300,-, uang logam pecahan Rp200 rupiah sebanyak Rp.48.000, uang logam pecahan Rp 500 rupiah sebanyak Rp.368.500, uang logam pecahan Rp1.000 rupiah sebanyak Rp.102.000, satu buah tas slempang warna coklat merk steel, satu buah tas slempang warna hitam merk buffback.

“Akibat kejadian tersebut ketiga pelaku dijerat pasal 363 KUHPidana, maksimal kurungan penjara lima tahun,” tegasnya.

Dan Apabila ditotalkan masjid mengalami kerugian berupa uang hasil sumbangan dari jamaah sebesar Rp. 8 Juta. Dan untuk pelaku dibawa ke Mapolsek Jambi Timur guna pengusutan lebih lanjut. (*)

Komentar Akun Facebook