ilustrasi (dok.net)
ads

Jambiline.com, Enggak terasa ya guys, ternyata kita udah lebaran aja nih

Semoga di tahun berikutnya kita bertemu lagi ya dengan indahnya bulan Ramadan dan bisa merayakan Idulfitri bersama orang-orang yang kita cintai, Aamiin…

Karena udah lebaran, yuk kita lihat apa aja sih tradisi unik yang selalu membuat Hari Raya Idulfitri semakin berwarna!

Setiap merayakan hari raya idulfitri, kita akan mendengarkan suara merdu yang membuat kita bersemangat dan bersyukur tentunya, yaitu di mana sebelum lebaran maupun memasuki waktu lebaran, kita akan mendengar adanya takbiran di setiap masjid guys! Takbiran ini dilakukan dengan melantunkan takbir pada malam sebelum hari raya idulfitri dan juga merupakan sunnah rasul lho

Setelah itu, sebagai masyarakat yang juga mempunyai tradisi mudik tentunya berkumpul bersama keluarga adalah salah satu moment yang tidak ingin dilewatkan bukan?

Terlebih lagi ketika kita menunaikan salat Id bersama kerabat dan sanak saudara. Bahkan, walaupun di tengah-tengah pandemi saat ini nyatanya tidak menjadi penghalang bagi kita untuk bisa melakukan salat Id bersama keluarga lho guys!

Setelah salat Id telah dilaksanakan, selain keharusan ada lho guys tradisi yang memiliki makna lebih di tengah-tengah perayaan lebaran, yaitu adanya istilah sungkeman.

Tradisi ini lebih tepatnya  menjadi moment haru bagi setiap keluarga, di mana setiap anak meminta maaf dan bersimpuh di pangkuan orang tuanya untuk memohon maaf dan tentunya juga saling memaafkan. Tidak hanya itu, silaturahmi juga menjadi salah satu momen utama yang dinanti-natikan guys. Pada momen ini, setiap keluarga saling mengunjungi satu sama lain untuk saling memaafkan dan berbagi kebahagiaan dalam banyak hal.

Saat merayakan Idulfitri, masyarakat Indonesia juga menjadikan  ziarah kubur sebagai tradisi yang tak bisa dilupakan, di mana pada moment ini bertujuan kita tetap mengingat orang yang telah mendahului kita dan tidak lupa pula untuk mendoakannya.

Nah, itulah beberapa tradisi unik yang tidak bisa dilepaskan dari perayaan Idulfitri guys!

Komentar Akun Facebook