Universitas Jambi Memperkenalkan Olahraga Pickleball.
ads

Jambiline.com – Universitas Jambi (Unja) memperkenalkan permainan Pickleball, Sabtu (20/11/2021) di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Mendalo.

Dosen FIK, David Iqroni S.Pd,.M.Pd, mengatakan, permainan Pickleball diperkenalkan lewat kegiatan sosialisasi dan pelatihan terhadap mahasiswa FIK.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Dr.susilo M.Pd. D.Ed, dosen FIK Universitas Negeri Jakarta, merupakan orang pertama kali yang membawa olahraga Pickleball ke Asia pada tahun 2019 tepatnya di kampus Universitas Jakarta.

Pickleball telah ada sejak tahun 1960-an. Pickleball berasal dari Amerika yang ditemukan di Bainbridge Island, Washington, penemunya bernama Barney McCallum dan Joel Prichard. Namun di sebagian besar negara-negara Eropa, olahraga ini sudah cukup popular.

Selama dua tahun berkembang di Indonesia, sudah ada 25 daerah yang menghidupkan olahraga Pickleball.

“Pickleball ini sangat mudah dan menyenanagkan seperti selogannya Pickleball “ EASY AND FUN”. Bagaimana cara bermain pickleball, “pickleball adalah gabungan dari tiga cabang, sama dengan tenis, sama dengan bulutangkis, sama dengan tenis meja, ada nomor single putra- putri, double putra-putri dan double mix sama. Tenis lapangan cara bermainya kayak tenis lapangan, netnya berukuran 91cm tingginya lapangannya.

Yang kedua dengan bulutangkis yaitu sama dengan lapangan bulutangkis sama persis hanya garis serangnya kurang mundur 13cm, kemudian tenis meja sama dengan pemukul tenis meja, kalo di tenis meja namanya bet tapi di pickleball namanya pedel itu permainan picklebal,” jelas Dr.susilo.

Ia menyebutkan, meski Pickleball saat hanya di lingkungan pendidikan, ia berharap kedepan pickleball dapat membumi di tengah masyarakat.

“Misi kita yang pertama adalah di tahun ini kita harus masuk berusaha untuk menjadi anggota KONI pusat, setelah menjadi anggota KONI pusat dan semua persyaratan sudah persyaratan untuk menjadi anggota KONI, pusat sudah kita kirimkan insyaallah Desember ini akan turun SK dari KONI.

Setelah sah menjadi ketua KONI Insya Allah PON 2024 Pickleball sudah masuk ekspedisi cabang olahraga dan Jambi punya kesempatan untuk menjadi tuan rumah,” Harap Dr. Susilo.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Unja yang telah memberi ruang untuk memperkenalkan olahraga Pickleball.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada bapak Kaprodi Porkes, kemudian dekan FKIP, dan bapak rektor yang telah memberikan kesempatan untuk mengenalkan secara benar pickleball di Unja ini, terimakasih saya ucapkan,” tandasnya.

Penulis : Alda Rizam
Editor : Maskun Sopwan

Komentar Akun Facebook