Ansori, Ketua Kelompok Tani Karya Bhakti Desa Ladang Panjang.
ads

Jambiline.com, Jambi – Sekelompok warga yang mengatas namakan masyarakat Desa Ladang Panjang, Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun meminta agar pihak berwajib mengusut tuntas kasus dugaan penyalahgunaan Dana Desa (DD) Tahun 2018 yang diduga dilakukan mantan PAW Kepala Desa Ladang Panjang berinisial TZ.

Hal itu disampaikan salah satu warga Desa Ladang Panjang Ansori kepada Jambiline.com, Rabu (29/04/2020).

Ansori yang juga merupakan Ketua Kelompok Tani Karya Bhakti Desa Ladang Panjang mengatakan, dugaan penyalahgunaan dana desa tersebut dapat dilihat dari pembangunan irigasi di desa setempat, yang mana dalam laporan pertanggungjawaban desa tercantum menggunakan dana desa sebesar kurang lebih Rp 273 juta, padahal pembangunan irigasi tersebut menurut pihaknya dari dana DAK tahun 2018.

“Jelas pembangunan irigasi ini fiktip. Ditambah yang lain seperti dana makan minum dan sewa tempat sekali rapat yang mencapai puluhan juta, tentu menjadi pertanyaan bagi kami,” katanya lagi.

Tak hanya itu, masih terdapat beberapa dugaan penyimpangan yang kuat dugaan dilakukan oleh mantan PAW Kades Ladang Panjang tersebut.

“Kami masyarakat ingin tahu kejelasannya, karena selama ini kami menilai masalah ini ditutup-tutupi oleh yang bersangkutan dan koloninya yang lain,” katanya.

Selain itu Ia juga mengatakan, untuk saat ini pihaknya telah melaporkan hal tersebut kepada pihak kepolisian dan inspektorat Sarolangun agar segera ditindak lanjuti.

“Kami sudah laporkan ke Polres dan Inspektorat karena kami menilai Laporan Realisasi Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun anggaran 2018 diduga banyak sekali penyimpangan,” katanya.

Ansori juga berharap agar laporan yang disampaikan pihaknya dapat diproses dan ditindak lanjuti hingga tuntas oleh pihak berwajib.

“Kami menunggu hasil penyidikan baik dari Polres Sarolangun dan Inspektorat Kabupaten Sarolangun, semoga ini cepat terselesaikan, cuma itu harapan dari kami sebagai masyarakat,” tandasnya. (Hnd)

Komentar Akun Facebook